Perbedaan Email Berbasis POP dan Web

Semua pasti sudah tahu apakah e-mail itu kan? Tapi apakah kalian tahu apa bedanya email berbasis Web dengan POP? Bacalah penjelasan dibawah ini!

Email Berbasis Web

Ini adalah tipe email paling umum dan paling sering digunakan oleh orang-orang saat ini. Web mail adalah email yang memakai protokol yang sama dengan Web yaitu HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Mengapa begitu? Karena pada dasarnya, Anda memakai Web browser anda untuk mengakses mail server. Web mail disediakan oleh jasa penyedia web mail seperti Yahoo!, Google dan Hotmail. Anda tinggal membuat account di salah satu web site mereka, dan jadilah mail account anda! Anda bisa langsung mengakses, membuat, dan mengirimkan email.

– Mudah dan gratis digunakan
– User Friendly, jadi siapa saja bisa memakainya dengan mudah
– Tidak perlu memiliki aplikasi email
– Memerlukan koneksi internet hanya untuk mengakses mail server
– Email disimpan di server external (bukan di computer sendiri) jadi kalau servernya dihack, email anda jadi korban
– Waktu bisa banyak terbuang hanya untuk membaca email, apalagi kalau sampai ratusan per hari. Selain itu, biaya internet juga tambah.
– Hanya bisa mengakses mail pada server itu saja. Jadi kalau accountnya di Yahoo!, tidak bisa membuka mail yang ada di server Yahoo! pada server Gmail.

Email Berbasis POP

Ini adalah tipe email yang mengharuskan anda memiliki sebuah aplikasi email seperti MS Outlook, Eudora, dan Thunderbird, serta sebuah account email. Tapi, tunggu dulu, apa itu POP? POP adalah Post Office Protocol , protocol yang bertugas mendownload mail anda dari sebuah server mail. Cara kerja mail berbasis POP adalah seperti begini.
Pertama! Anda harus memiliki sebuah account email di sebuah mail server yang memperbolehkan pemakaian POP.
Kedua! Apabila anda menerima mail, maka harus ada koneksi internet untuk mendownload mail itu ke aplikasi POP seperti MS Outlook.
Ketiga! Mail itu sudah dapat anda baca dan simpan. Mail POP ini ditujukan kepada orang yang ingin menyimpan mailnya di satu computer dan tidak punya waktu untuk terus-terusan connect ke Internet.

– Mail disimpan dalam satu computer sehingga keamanannya lebih terjamin
– Hanya perlu connect ke Internet selama proses pengiriman dan download mail
– Email disimpan pada satu computer saja, berarti kalau tidak memakai computer itu, maka harus men- setting aplikasi mail POP di computer lain.
– Otomatis jika memakai computer lain, mail yang anda simpan tidak mungkin ada di sana. (secara logis…)
– Computer yang terkena virus maka data atau e-mail anda akan hilang.

Sumber:

http://indogeeks.blogspot.com/2009/11/perbedaan-email-berbasis-web-dan-pop3.html

serta beberapa sumber yang relevan

Leave a comment